GpMiGUz7GSCoGpr6GUziBUOp

BRI Beri Dukungan untuk UMKM Melalui Acara Jelajah Kuliner Indonesia 2024

BRI Beri Dukungan untuk UMKM Melalui Acara Jelajah Kuliner Indonesia 2024


MADIUNTERKINI.ID – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya di sektor kuliner. 

Dukungan terbaru datang melalui acara Jelajah Kuliner Indonesia 2024 yang bertema "Menjelajahi Rasa, Merayakan Budaya," yang berlangsung di Sarinah, Jakarta, pada 6-8 September 2024.

Acara ini bertujuan untuk mempromosikan dan mendukung pengembangan UMKM di Indonesia, terutama dalam industri kuliner. 

Amam Sukriyanto, Direktur Commercial, Small, and Medium Business BRI, menjelaskan bahwa partisipasi BRI dalam event ini merupakan langkah untuk meningkatkan potensi ekonomi dalam industri kreatif. “Acara ini kami harapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM sehingga dapat terbangun usaha yang berkualitas. Di sisi lain masyarakat juga diharapkan dapat menikmati dan mengonsumsi kuliner Nusantara sebagai warisan budaya,” ungkap Amam.

Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, subsektor kuliner memberikan kontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif, mencapai Rp455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB tahun 2020 yang sebesar Rp1.134 triliun.

Event ini menampilkan 100 UMKM binaan BUMN yang terdaftar di PaDi UMKM. Mereka dibagi menjadi dua area utama: 80 UMKM di area Pasar Jajan Indonesia dengan konsep minimarket, dan 20 UMKM kuliner otentik yang berasal dari berbagai daerah, seperti Bebek Sinjay dari Bangkalan dan Pecel Madiun Yu Gembrot dari Madiun.

Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam memperluas pasar dan meningkatkan penjualan. “Melalui bazar Jelajah Kuliner Indonesia ini, kita berharap generasi muda makin cinta dan bangga dengan makanan dan minuman khas Indonesia,” katanya.

Kegiatan ini juga sejalan dengan upaya Kementerian BUMN untuk mendorong UMKM Go Digital. 

Semua peserta bazar telah terdaftar di platform PaDi UMKM, yang dirancang untuk mendukung pemasaran UMKM dan kini telah menjadi marketplace B2B dengan berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasa.

Jelajah Kuliner Indonesia diharapkan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi para pengunjung. 

Selain menikmati beragam sajian kuliner otentik, mereka juga dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan menarik seperti talk show, workshop, dan penampilan spesial dari artis, serta beragam aktivitas menyenangkan dengan hadiah menarik.

pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
banner pasang iklan 970x90 pewarta network